Komputer di Bidang Seni

Komputer di Bidang Seni





Seni Komputer (Computer Art)

Seni komputer (computer art) adalah jenis seni yang menggunakan komputer untuk membuat dan menampilkan suatu hasil karya seni tertentu.
Jenis kesenian kontemporer ini meliputi seni yang berkaitan dengan gambar (image), suara, animasi, video, video game, web site, pertunjukan atau pameran foto (gallery).
Seni komputer diperkenalkan pertama kali pada tahun 1963 oleh Joan Shogren dari San Jose State University yang menulis program berdasarkan prinsip kesenian.
Hasil karyanya ini kemudian dipamerkan sebagai seni komputer pertama di sebuah kota San Jose, California pada tanggal 6 Mei 1963.


Seni Tradisional


“Seni tradisional adalah unsur kesenian yang menjadi bagian hidup masyarakat dalam suatu kaum/puak/suku/bangsa tertentu. Seni tradisional yang ada di suatudaerah berbeda dengan yang ada di daerah lain, meski pun tidak menutup kemungkinan adanya seni tradisional yang mirip antara dua daerah yang berdekatan.”



ciri cirinya :

Penciptaannya selalu berdasarkan pada filosofi sebuah aktivitas dalam suatu budaya, bisa berupa aktivitas religius maupun seremonial. Terikat dengan pakem-pakem tertentu.
Contoh : Wayang kulit, wayang golek, wayang beber, ornamen pada rumah-rumah tradisional ditiap daerah, batik, songket, dan lain-lain.


Seni Rupa Modern


Seni rupa modern adalah seni rupayang tidak terbatas pada kebudayaan suatu adat atau daerah, namun tetap berdasarkan sebuah filosofi dan aliran-aliran seni rupa.

ciri cirinya :
Konsep penciptaannya tetap berbasis pada sebuah filosofi, tetapi jangkauan penjabaran visualisasinya tidak terbatas. Tidak terikat pada pakem-pakem tertentu.
Contoh : Lukisan-lukisan karya Raden Saleh Syarif Bustaman, Basuki Abdullah, dan pelukis eramodern lainnya.





Seni Kontemporer


Seni Kontemporer adalah salah satu cabang seni yang terpengaruh dampak modernisasi.

seni kontemporer adalah seni yang tidak terikat oleh aturan-aturan zaman dulu dan berkembang sesuai zaman sekarang.
Contoh, lukisan kontemporer adalah karya lukisan yang tidak lagi terikat pada Rennaissance. Begitu pula dengan tarian, lebih kreatif dan modern.
ciri cirinya :
Tidak terikat oleh aturan-aturan zaman dulu dan berkembang sesuai zaman.
Tidak adanya sekat antara berbagai disiplin seni, alias meleburnya batas-batas antara seni lukis, patung, grafis, kriya, teater, tari,musik, hingga aksi politik tertentu.
Contoh: Karya-karya happening art, karya-karya Christo dan berbagai karya enviromental art.


Perkembangan Seni Kontemporer di Indonesia
  • Konsep modernisasi telah merambah semua bidang seni ke arah kontemporer ini.
  • Paling menyolok terlihat di bidang tari dan seni lukis.
  • Seni tari tradisional mulai tersisih dari acara-acara televisi dan hanya ada di acara yang bersifat upacara atau seremonial saja.
  • semakin melejit seiring dengan meningkatnya konsep hunian minimalis, terutama di kota-kota besar.
  • Menurut seniman lukis kontemporer Saptoadi Nugroho dari galeri Tujuh Bintang Art Space Yogyakarta, “Lukisan kontemporer semakin
  • diminati seiring dengan merebaknya konsep perumahan minimalis terutama di kota-kota besar. Akan sulit diterima bila kita memasang lukisan pemandangan, misalnya sedangkan interior ruangannya berkonsep modern.”

Keuntungan Membuat Gambar dengan Menggunakan Komputer
  • Tidak dibutuhkan ruang yang besar untuk meja gambar.
  • Tidak menimbulkan sampah kertas karena kesalahan dapat di perbaiki di layar komputer.
  • Dapat diciptakan gambar yang sangat sulit di buat manusia. Dalam proses ini manusia sebagai Brainware diharapkan memiliki kemampuan untuk operasional misainya: Resizing an image, Cropping an image, Capturing an image, Adding text, Using Paint/Draw functions,dsb.